Jumat, 09 Oktober 2020

Mengintip Cara Dan Kelebihan Jual Produk Di BliBli

BliBli merupakan salah satu marketplace yang tersohor di Indonesia. Dengan rating dan traffic yang tinggi, BliBli menjadi salah satu ecommerce yang menjadi incaran para pelaku bisnis. Mengenai cara jual beli di marketplace tersebut juga bisa dibilang sangat mudah. Meski begitu, ada beberapa persyaratan yang harus dilalui sebelum Jual produk di ecommerce tersebut. Lalu, bagaimana cara menjual barang di BliBli? Simak ulasannya berikut ini.

 

Tata Cara Menjual Barang Di BliBli
1. Proses Pembukaan Toko
Sebelumnya, anda diwajibkan untuk mengunjungi laman resmi BliBli terlebih dahulu. Jika sudah membukanya, anda akan mendapati tampilan dari layar utama situs resmi tersebut. Selanjutnya, anda perlu mengklik kolom yang bertuliskan “Penjual Dari Indonesia”. Setelah mengklik kolom tersebut, anda akan ditampilkan dengan laman pendaftaran untuk menjual barang. Dalam membuka situs ini, bisa menggunakan ponsel atau PC.


Untuk mengisi pendaftaran pembukaan toko, anda wajib melewati 3 langkah terlebih dahulu diantaranya adalah mengisi informasi akun, mengisi informasi toko, serta mengisi informasi administrasi. Isi kolom kolom pendaftaran dengan memasukkan email, password, nama anda, nomor telepon, tanggal lahir, dan nomor KTP. Setelah semua data sudah diisi dengan benar, anda bisa mengeklik tombol “selanjutnya” untuk dapat jual produk.


2. Proses Dan Tahapan Mengunggah Produk
Ketika anda sudah selesai mengisi semua data, pihak BliBli akan mengkonfirmasi akun anda melalui email. Jika sudah mendapati email konfirmasi, anda bisa mengupload produk yang ingin dijual. Penguploadan produk bisa dengan cara satu persatu maupun dengan jumlah banyak sekaligus. Kemudian, isi keterangan data produk dengan data yang sebenar benarnya. Hal ini bertujuan agar produk yang diunggah mendapat kepercayaan publik.


Kelebihan dari menggunakan BliBli sebagai wadah penjualan ialah adanya sistem reseller. Dengan sistem tersebut, anda menjadi lebih mudah untuk mengurus penguploadan produk yang ingin dijual. Sebagai penjual, anda hanya perlu menduplikasi berbagai produk yang ada di laman katalog situs yang sudah dibuat. Penggunaan sistem reseller juga semakin memudahkan anda untuk melakukan branding terhadap suatu produk yang dijual.


3. Tahapan Merespon Pesanan
Setelah semua tahapan jual produk sudah dialui, dalam waktu dekat anda akan mendapatkan pesanan berupa notifikasi melalui SMS maupun email. Ketika sudah mendapati konfirmasi pesanan, ada baiknya untuk meresponnya secara langsung. Kirimkan produk yang diminta dengan ketepatan waktu dan kemasan yang aman dan menarik. BliBli memiliki sistem waktu respon yang bisa dikatakan lebih panjang daripada marketplace lainnya.


Namun bukan berarti anda bisa menunda nunda untuk merespon barang dagangan yang dipesan. Sebab, disamping pembeli merasa kecewa anda akan mendapatkan pinalti atau sanksi yang akan diberikan pihak BliBli. Sanksi tersebut berupa peringatan karena tidak merespon pesanan hingga batas waktu yang diberikan. Dengan fitur tersebut, anda akan semakin rajin untuk merespon para pembeli yang ingin menjajakan uangnya.


4. Tahap Akhir Penerimaan Pembayaran
Pembayaran akan segera anda terima setelah barang diterima oleh pembeli. Biasanya, pembayaran jual produk akan diterima melalui rekening anda setiap seminggu sekali. Untuk hal ini, BliBli sangat tertib dalam memberlakukan aturan pembayaran. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika ada kendala dalam hal pembayaran. Meski ditemui adanya kendala, bisa langsung menghubungi Merchant Care.


Kesimpulan yang bisa diambil mengenai penjelasan dalam ulasan tersebut ialah, BliBli memiliki sistem kinerja dan pendaftaran berjualan yang sangat mudah. Di samping itu, ada beberapa sistem dan fitur yang dapat menguntungkan para pelaku bisnis. Rata rata setiap penjual di BliBli selalu memperoleh keuntungan menarik di setiap prosedur jual beli terhadap produknya.

Load disqus comments

0 komentar